16.6.13

'Tolong! Badan Saya Membengkak Setelah Lulus Sekolah dan Bekerja'

Jakarta – Saya baru lulus kuliah setahun yang lalu. Dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan setelah lulus, berat badan saya naik dari 48 kg menjadi 60 kg (karena saya belum mendapat pekerjaan jadi sehari-hari kegiatan saya hanya di rumah saja), dan sampai sekarang masih susah untuk menurunkan kembali berat badan saya menjadi ideal (padahal sekarang saya sudah bekerja).

Tolong solusinya bagaimana agar berat badan saya bisa turun kembali menjadi seperti semula? Apakah ada makanan, cara atau olahraga yang paling ampuh dan efektif untuk cepat menurunkan berat badan? Terimakasih.


Ika (Wanita lajang, 22 tahun)
kha_XXXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 155 cm, berat badan 60 kg


Jawaban


Hi Ika


Cara paling ampuh untuk turunkan berat badan adalah kombinasi diet sehat dan olahraga.


Cara berdiet sehat adalah dengan:


- Kurangi lemak/minyak: makanan gorengan, snack, kue-kue, roti-roti aneka rupa yang banyak di mall, es krim, lemak yang menempel di daging dan ayam, kulit ayam, santan
- Kurangi gula tambahan seperti sirup, minuman berkola, es krim, jus buah botolan
- Kurangi garam karena garam menyerap air di dalam tubuh sehingga air tidak bisa keluar dan mengendap di dalam tubuh (gemuk air kata orang)
- Isi 1/2 piring dengan sayur (rebus/ kukus/ mentah), 1/4 dengan nasi dan 1/4 dengan lauk
- Pilih cemilan sehat seperti: buah segar, susu/yoghurt rendah lemak


Untuk tipe olahraganya kardio untuk mengurangi total lemak tubuh dan latihan beban untuk mengencangkan otot dan kulit.


Atau jika tidak ada waktu untuk berolahraga, selipkan aktifitas fisik dadakan seperti naik turun tangga, jalan kaki ke mobil (parkir lebih jauh), berdiri sambil nonton tv, latihan angkat botol air minum di dalam mobil dan lain-lain.


Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Follow twitter @Leona_victoria.


Punya pertanyaan seputar kesehatan? Silahkan klik di sini



source on:m.detik.com



'Tolong! Badan Saya Membengkak Setelah Lulus Sekolah dan Bekerja'

No comments:

Post a Comment