5.7.13

Nyeri Dada Sampai Susah Jalan, Gejala Sakit Jantung?

Jakarta – Dok, saya kadang merasakan nyeri di dada saya dan itu terjadi secara tiba-tiba. Kadang rasanya hanya nyeri biasa tapi kadang nyerinya sakit sekali sehingga susah untuk dibuat jalan. Itu penyakit apa ya Dok? Apa karena faktor obesitas atau karena hanya nyeri biasa? Terimakasih.

Adelia (Wanita lajang 20 tahun)
liya_XXX@yahoo.co.id
Tinggi 158 cm dan berat 60 kg


Jawaban:


Dilihat dari berat badan dan tinggi badan, Ibu tidak mengalami obesitas, berat badan masih normal, masih berada dalam tahap ideal.


Lalu apakah Ibu Adelia sudah cek ke dokter? Dokter mengatakan apa ya? Jika belum, kami sarankan Ibu cek ke dokter dan melakukan tes general medical checkup dan tes pemeriksaan EKG.


Mengenai nyeri dada, apakah nyeri dada berlangsung dalam jangka waktu atau intensitas yang lama atau sebentar?


Mengenai nyeri dada, memang patut kita curigai, karena gejala ini mirip dengan gejala penyakit jantung. Gejala penyakit jantung seperti nyeri dada khsusnya di sebelah kiri seperti ada tekanan berat yang menimpa dada anda, disertai dengan gejala sesak dada, dan sesak napas.


Namun, Selain berasal dari jantung, penyebab nyeri dada bisa bersumber dari penyakit lain, seperti:


1. Nyeri dada yang berasal dari paru-paru (kanker paru-paru)
2. Nyeri dada yang berasal dari gangguan pencernaan (seperti maag, GERD, asam lambung meningkat, gangguan pada pencernaan, dyspepsia)
3. Nyeri dada yang berasal dari batuk (infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus)
4. Nyeri dada yang berasal dari tulang dada atau otot dada (tulang rusuk yang patah).


Kami perlu membaca hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya ibu, baik hasil general medical checkup laboratourium, hasil pemeriksaan jantung seperti tes EKG, rongten dada,untuk membuktikan penyebab pasti dari nyeri dada yang ibu alami.


Jika ibu masih ada pertanyaan mengenai hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya, ibu dapat berkonsultasi langsung (berhadapan langsung) dengan dokter kami gratis dengan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya.


Profesor Xiao Mingdi


Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E, Jalan S Parman Kav72, Slipi, Jakarta Barat 11410. Tel: 021 – 99808123 dan 021 – 99570666.


Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


Punya pertanyaan seputar kesehatan? Silahkan klik di sini


source on:m.detik.com



Nyeri Dada Sampai Susah Jalan, Gejala Sakit Jantung?

No comments:

Post a Comment